3/15/2019

Dampak Penutupan Google Plus Bagi Blog

Dampak Penutupan Google+ bagi Blog - Pasti kalian sudah tau bahwa Media Sosial yang sering dipakai seorang Blogger untuk membagikan artikelnya mulai April 2019 akan dihentikan, bagi kalian pasti kaget mendengar pengumuman tersebut, yang sejak bulan maret telah diumumkan oleh Google bahwa Google Plus akan dihentikan untuk selamanya. Lalu bagaimana dampak yang ditimbulkan akibat dihapusnya Media Sosial Google+ bagi pemilik blog?



Sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa Google Plus yang diluncurkan pada bulan Juni 2011 sempat menjadi ancaman bagi media sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Bagimana tidak, baru selang beberapa minggu sejak diluncurkan Google+ mampu menarik pengguna internet mencapai 10 juta. Seiring berjalannya waktu media sosial ini banyak dimanfaatkan oleh Blogger untuk berbagi berbagai macam informasi terutama artikel blog yang telah mereka publish untuk diperkenalkan keseluruh pengguna Google+.

Namun tepatnya pada tahun 2018 Google+ tersandung masalah dimana diduga terjadi kebocoran data pengguna. Kebocoran data pengguna yang diakibatkan bug ini ternyata telah terjadi sejak lama yaitu tahun 2015 dan baru ditemukan pada bulan maret 2018. Data pengguna yang tereksepos adalah soal nama lengkap, email, tanggal lahir, foto, pekerjaan, situs yang dikelola. Walaupun hingga saat ini Google menyatakan bahwa belum ada bukti ada yang menyalahgunakan data pengguna terkait dengan kebocoran ini.

Oleh karena itu Google memutuskan per 2 April 2019 Google+ akan dimatikan sementara hingga 10 bulan kedepan. Mengenai penutupan Google+ sebelumnya google juga telah memberikan pemberitahuan melalui email dan pada dashboard blogger. Kurang lebih seperti dibawah ini.

  1. Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.
  2. Widget Google+, Dukungan untuk widget, Tombol +1, Pengikut Google+, dan Badge Google+ pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi.
  3. Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.
  4. Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda, yaitu dengan mengganti kode html yang pada template.
  5. Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger.

Nah seperti itulah pemberitahuan dari Google mengenai penutupan Google+, dampak langsung yang ditimbulkan adalah bagi kalian yang baru membangun sebuah blog dan mengandalkan Google+ untuk menyebarkan artikel baru maka akan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengunjung blog.

Bagi kalian yang sebelumnya menggunakan profile Google+ sebagai admin blog segera ganti ke akun blogger. lalu bagaimana cara mengubah profil Google Plus ke akun Blogger.

Cara Mengubah Akun Google+ ke Akun Blogger di Blog


Bagi kalian yang sebelumnya belum mengganti akun Google+ sebagai profil admin blog maka segera ganti dengan profil blogger, berikut cara menggantinya.

Buka dashboard blogger kalian kemudian pilih Setelan / Settings kemudian lanjutkan ke Setelan Pengguna / User Settings, setelah itu pada bagian Umum ganti Profil Pengguna menjadi Blogger dan jangan lupa untuk menyimpannya Save Settings pada pojok kanan atas. seperti dibawah ini.



Demikian tentang Penutupan Google Plus bagi blog dan cara mengubah profi google+ ke profil Blogger, semoga bermanfaat bagi kalian. Salam Blogger Indonesia.
Disqus Comments