8/01/2018

Segera Ganti HTTP Ke HTTPS, Jika Tak Ingin Dicekal Google Chrome

Google selaku pemegang hak penuh Browser Chrome telah lama memperingatkan para pemilik blog atau website untuk segera beralih dari HTTP ke HTTPS. Sebab sebelumnya pada tahun 2014, Google menyatakan bahwa HTTPS akan menjadi pertimbangan untuk menentukan peringkat blog melalui mesin pencarinya. Lalu apakah harus segera mungkin beralih dari HTTP ke HTTPS?


Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya beberapa situs yang menggunakan HTTP tidak berbahaya, namun perlu kehati-hatian. Itu disebabkan dengan situs yang masih menggunakan HTTP rentan disusupi oleh spam atau semacamnya. Sehingga pihak Google trus mendorong untuk segera beralih ke HTTPS.

Dengan segera beralih ke HTTPS maka situs anda akan dianggap aman oleh google serta tidak mengalami pencekalan atau pemblokiran oleh Browser Chrome seperti yang pernah saya alami pada blog saya yang lain, seperti dibawah ini.



Itulah contoh salah satu blog milik saya yang belum beralih dari HTTP ke HTTPS yang disarankan oleh Google. Melalui rilis resmi Google Chrome versi 68, Google selaku pemegang hak penuh atas sistem pencarian milik mereka, maka mengambil tindakan keras apa bila ada blog maupun website yang belum beralih ke HTTPS akan mengalami pencekalan atau dianggap berbahaya.

SSL (Secure Socket Layer)

SSL (Secure Socket Layer) merupakan salah satu alat tambahan yang digunakan untuk mengamankan blog atau website yang berupa HTTPS. Dengan menambahkan SSL setiap data yang terkoneksi dengan server akan dilakukan enkripsi sehingga tidak mengalami kebocoran data.

Dengan menambahkan sertifikat SSL disetiap blog dapat meningkatkan kepercayaan pengguna, visitor menjadi tidak was-was akan serangan spam pada smartphone dan komputer merak dan akhrinya akan berdampak baik bagi blog kita dengan meningkatnya rangking blog di mesin pencari.

Lalu apakah harus membeli SSL Berbayar untuk dapat beralih ke HTTPS?

Jawabawanya adalah TIDAK PERLU, itu dikarenakan Google telah menyediakan HTPPS gratis bagi anda yang telah melakukan Custom Domain. Apabila tidak melakukan Custom Domain anda tidak perlu melakukannya sebab Google telah secara otomatis memberikan HTTPS pada blog anda meskipun masih ada embel-embel blogspot.

Kemudian bagaimana jika kita tidak menggunakan Blogspot melainkan WordPress? Anda tidak usah kuatir untuk mendapatkan Layanan SSL Gratis yang dapat anda terapkan di situs anda.

Lalu bagaimana cara beralih dari HTTP ke HTTPS di Blogger?

Untuk lebih jelasnya dapat anda simak melalui artikel yang pernah saya tulis sebelumnya yaitu Cara Mengganti HTTP ke HTTPS Blogger.

Lalu Apa dampaknya yang ditimbulkan setelah beralih ke HTTPS?

Dampak blog pertama setelah beralih ke HTTPS adalah mengalami penurunan yang begitu besar dalam hal jumlah visitor dan penayangan. Hal itu disebabkan mesin pencari Google sedang melakukan perayapan kembali keblog anda untuk melakukan peng-index-an ulang seperti halnya anda ketika membuat blog baru.

Dampak yang kedua adalah penayangan iklan pada blog anda juga akan mengalami penurunan, sehingga penghasilan secara otomatis akan berkurang. Bahkan tak sedikit iklan milik anda akan tampil disetiap artikel hanya beberapa saja (seperti yang saya alami selama ini).

Yang paling penting untuk saat ini menurut saya adalah sistem keamanan, dari pada situs kita tidak dapat ditampilkan melalui browser chrome yang menjadi salah satu browser dengan tingkat pengguna terbanyak didunia. Maka dari itu saya menyarankan untuk segera beralih dari HTTP ke HTTPS.

Dengan begitu blog anda akan dianggap aman oleh pihak Google dan dapat bersaing dengan blog-blog lain, selain itu peringkat blog anda akan meningkat seiring waktu dan tidak mungkin pula akan merajai halaman pertama mesin pencari.

Itulah alasan kenapa Google trus mendorong Segera untuk Beralih dari HTTP ke HTTPS blog, semoga informasi serta tutorial tentang cara mengganti HTTP blog diatas berguna dan bermanfaat bagi anda.
Disqus Comments