8/01/2018

Resiko Negatif Sering Ganti Template Blog

Dengan menggonta-ganti Template blog secara keseluruhan, mengganti struktur blog memiliki resiko yang berbahaya pada kesehatan blog. Walaupun kita jenuh melihat tampilan blog milik kita, jangan pernah mengganti template terlalu sering sebab dapat menurunkan nilai blog di search engine dan SEO (search engine optimization).


Terkadang banyak blogger pemula seperti saya sendiri, disaat pertama kali mengenal blog belum mengetahui apa dampak buruk sering mengganti template blog? Sehingga setiap ada template blog yang dikira bagus dan menarik saya langsung mengganti template yang lama dengan yang baru. Yang pada akhirnya membuat blog saya mengalami penurunan mulai dari nilai SEO dan beberapa artikel yang sempat menempati halaman pertama search engine Google. Itulah pengalaman saya mengenai sering gonta-ganti template blog. Apakah anda masih sering melakukan ganti template? Jika ya, hentikan dan ketahui lebih jauh mengenai resiko negatif yang didapatkan dengan mengganti template terlalu sering. Mulai sekarang, fokus untuk mencari ide untuk dapat menulis artikel yang baik dan bermanfaat bagi pembaca.

Baca: Template Blog yang disukai Google.

Lalu apa saja akibat yang ditimbulkan dengan tertalu sering mengganti template blog?

Inilah resiko negatif yang dapat anda dapatkan ketika anda terlalu sering mengganti template blog.

Resiko Negatif Sering Ganti Template Blog


1. Traffik Down
Resiko pertama yang anda dapatkan setelah keseringan mengganti template adalah turunya traffik secara signifikan. Apakah anda mengalami hal demikian? jika iya pikirkan sejenak apa yang telah anda lakukan beberapa hari belakangan ini, apakah pernah ganti template atau ada penyebab lainnya seperti Google sedang melakukan update algoritma atau yang lain.

Jika benar traffik blog turun disebabkan oleh pergantian template maka sebaiknya kembalikan ke semula. Sebab pengunjung yang biasa mengunjungi blog kita dan telah nyaman dengan tampilan blog, maka akan dengan cepat menutup blog dan segera mencari topik bahasan lain.

2. Beresiko menurunkan peringkat blog di Search Engine
Resiko kedua adalah adanya penurunan peringkat blog, seperti pada resiko pertama pengunjung akan meninggalkan blog, begitupun Google Bot yang akan mempertimbangkan apakah akan merayapi blog kita atau tidak. Sehingga artikel-artikel yang semula dapat bersaing di halaman pertama Google lambat laun akan hilang.

Jika sudah seperti itu maka akan terasa sulit untuk kembali bersaing dengan blog-blog yang baru dan memiliki rangking yang tinggi. Dengan begitu anda akan mengalami kerugian yang besar, mulai dari pendapatan dan traffik blog yang hilang gara-gara sering ganti template blog.

3. Buang-buang waktu
Resiko yang ketiga terlalu sering ganti blog adalah membuang waktu yang anda miliki menjadi sia-sia. Singkat kata, anda membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk memperbarui template blog anda hingga setting sana-sini. Dengan waktu tersebut anda sudah dapat mendapatkan ide baru dan menjadikannya artikel yang bermanfaat bagi orang banyak.

Dan bagi anda yang sering melakukan ganti template dengan alasan untuk memperharui tampilan supaya lebih bagus dan enak dilihat pembaca, maka pertimbangkan resiko negatif yang akan anda dapatkan.

Sekian dari saya seputar dampak buruk karena terlalu sering gonta-ganti template blog, sebab dari pengalaman saya selama ini gak sebanding dengan yang diharapkan, alih-alih akan mendapatkan traffik yang berlimpah, mudah dirayapi oleh Bot mesin pencari, ternyata tidak demikian.

Gambar: freepik.com
Disqus Comments