1/18/2018

Cara Mengetahui Jumlah Waktu Tonton Selama 12 Bulan Terakhir di Youtube

Cara Mengetahui Jumlah Waktu Tonton di Youtube - Dalam beberapa hari ini banyak youtuber alias content creator (pemula) mendadak kebingungan dengan channel milik mereka, seiring dengan adanya Kebijakan Baru Youtube 2018, yang mengharuskan setiap channel harus memiliki setidaknya 4.000 jam tonton selama 12 bulan terakhir dan 1.000 subscribe.

Kebijakan baru ini mulai dijalankan secara penuh oleh Youtube mulai pada tanggal 20 Februari 2018, seperti yang saya kutip melalui Youtube Creator Blog dalam artikel yang terbit pada 16 Januari 2018, menyatakan bahwa kurang lebih seperti dibawah ini.
Back in April of 2017, we set a YPP eligibility requirement of 10,000 lifetime views. While that threshold provided more information to determine whether a channel followed our community guidelines and policies, it’s been clear over the last few months that we need a higher standard. 
Starting today we’re changing the eligibility requirement for monetization to 4,000 hours of watchtime within the past 12 months and 1,000 subscribers. We’ve arrived at these new thresholds after thorough analysis and conversations with creators like you. They will allow us to significantly improve our ability to identify creators who contribute positively to the community and help drive more ad revenue to them (and away from bad actors). These higher standards will also help us prevent potentially inappropriate videos from monetizing which can hurt revenue for everyone. 
On February 20th, 2018, we’ll also implement this threshold across existing channels on the platform, to allow for a 30 day grace period. On that date, channels with fewer than 1,000 subs or 4,000 watch hours will no longer be able to earn money on YouTube. When they reach 1,000 subs and 4,000 watch hours they will be automatically re-evaluated under strict criteria to ensure they comply with our policies. New channels will need to apply, and their application will be evaluated when they hit these milestones.

Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa mulai tanggal 20 Februari 2018 setiap channel harus memiliki 10.000 views, 1.000 subscribe dan 4.000 jam / 240.000 menit jam tonton selama kurun waktu 12 bulan terakhir, jika hal tersebut tidak dipenuhi maka channel anda tidak memenuhi untuk dimonetisasi alias tidak dapat bergabung sebagai program mitra youtube untuk mendapatkan penghasilan.

Lalu, Bagaimana cara mengetahu jumlah jam tonton selama 12 bulan terakhir di youtube? Supaya dapat memenuhi Kebijakan Baru Youtube 2018, untuk lebih jelasnya berikut saya bagikan kepada anda tutorialnya.

Cara Mengetahui Jumlah Waktu Tonton Selama 12 Bulan Terakhir di Youtube

Cara mengetahui waktu tonton yang pertama ini adalah dengan menggunakan komputer atau laptop, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Login ke akun Youtube, setelah itu pilih menu Analytics > Overview,

2. Kemudian pada bagian laporan pada pojok kanan atas ganti menjadi "Last 365" terlihat seperti gambar dibawah ini.


3. Selesai sudah dan anda akan mendapatkan laporan seperti dibawah ini yang menunjukan total jumlah waktu tonton di youtube dan jumlah tayangan selama kurun waktu 12 bulan terakhir.

Pada akhirnya yang ditampilan oleh Analytic Youtube adalah dalam bentuk menit, seperti pada contoh diatas, maka seperti contoh diatas jumlah jam tonton selama 12 bulan adalah kurang lebih 18.344 jam, maka dapat diambil kesimpulan telah memenuhi kebijakan youtube terbaru pada tahun 2018, yaitu 4.000 jam tonton.

Selain dengan cara diatas anda dapat mengetahui jumlah total waktu tonton di youtube dengan menggunakan smartphone android, lalu bagaimana caranya?

Cara Mengetahui Jumlah Waktu Tonton Selama 12 Bulan Terakhir di Youtube Menggunakan Android

Sebelum anda dapat mengetahui seberapa banyak jumlah waktu tonton selama 12 bulan terakhir, dan dapat memenuhi kebijakan baru Youtube, yang harus anda lakukan adalah download dahulu aplikasi Youtube Studio melalui Playstore. Kemudian lanjutkan dengan beberapa langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi Youtube Studio, dan anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Kemudian pada bagian Analytics akan memperlihatkan data watch time, views, subscribe change, dan your estimated revenu. Lalu tekan "View More".


2. Setelah itu lanjutkan dengan memilih menu "Overview" kemudian tekan "Realtime Views",


3. Tahap selanjutnya adalah pada bagian "Views" ganti menjadi "Last 365 days" dan anda akan melihat jumlah waktu tonton youtube selama 12 bulan terakhir.


Dengan begitu anda dapat mengetahui apakah channel milik anda telah memenuhi kebijakan baru youtube 2018?

Apabila sudah memenuhi maka jaga baik-baik channel anda, dan buatlah konten yang baik sehingga keberlangsungan pendapatan anda melalui channel youtube akan tetap terjaga dengan baik serta reputasi channel anda di youtube akan baik juga.

Demikian Cara Mengetahui Jumlah Waktu Tonton Selama 12 Bulan Terakhir di Youtube, semoga dapat membantu anda dan bermanfaat. Salam Youtuber.
Disqus Comments