Cara Membuat Blog #2 Menentukan Niche Blog

Cara Membuat Blog #2 Menentukan Niche Blog

Menentukan Niche Blog - Bagi seorang blogger memilih atau menentukan niche blog adalah sesuatu yang harus diperhitungkan sejak awal. Beberapa blogger banyak yang mempertimbangkan akan hal ini, sebab pemilihan niche / topik blog yang tepat sangat mempengaruhi popularitas blog itu sendiri dan juga posisi blog di mesin pencari.

Selain dapat mempengaruhi popularitas dan posisi di mesin pencari, dengan memilih niche yang tepat juga mempengaruhi penghasilan anda, apabila anda mengikuti program adsense.

Secara sederhana niche / topik blog dapat diartikan sebagai blog yang memiliki target pasar dan visitor sendiri, dalam arti apabila anda memilih niche blog yang membahas seputar blog maka sebagian besar artikel yang anda tuliskan berkaitan dengan bagaimana cara membuat blog, tutorial mengelola blog, dan lain sebagainya.

Pertanyaanya yang paling mendasar adalah? bagaimana cara menentukan niche blog? terkait dengan hal tersebut, saya akan mengulasnya lebih lanjut.

Tips Menentukan Niche Blog yang Tepat


Langkah awal sebelum menentukan niche blog yang tepat, anda juga harus mempertimbangkan platform blog yang baik untuk memulai nge-blog. Bagaimana caranya? dapat anda simak melalui Menentukan Platform Blog. Kembali lagi ke pokok bahasan, setelah memilih paltform blog yang akan dipakai selanjutnya memikirkan apa yang akan menjadi topik utama blog anda.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menentukan niche blog yang tepat.

Menentukan Niche Blog Yang Dikuasai, Disukai dan Dipahami

Tips pertama yaitu dengan memilih topik yang anda kuasai sekaligus anda suka, walaupun sebagian orang banyak yang memiliki banyak kesukaan.

Jadi itu tidak menjadi soal, tentang banyaknya kesukaan anda. Untuk memahaminya adalah anda dapat memikirkan kesuakaan yang paling anda kuasai dan nyaman. Sehingga untuk menentukan niche blog yang tepat akan lebih mudah, dan ini akan berdampak pada kelanjutan blog anda kedepan.

Nah, jangan pernah mencoba membuat blog dengan topik yang anda tidak kuasai sebab dapat menimbulkan kerugian bagi anda. Mengapa demikian? sebab dengan begitu kelanjutan artikel yang anda tulis akan terhenti begitu saja karena tidak ada ide yang muncul. Maka pertimbangkan baik-baik niche blog yang tepat sebelum membuat blog.

Menentukan, Apakah Niche Blog Yang Akan Ditulis Mendatangkan Traffik?

Setelah anda sebelumnya memilih blog yang telah dikuasai, selanjutnya adalah menentukan niche blog yang telah kita kuasai tersebut akan mendatangkan traffik yang tinggi. Melakukan pencarian, popularitas dan persaingan niche blog yang telah ditentukan akan membantu anda mengembangkan lebih jauh bagaimana selanjutnya untuk membangun blog yang baik dan berguna bagi pembaca.

Untuk dapat mengetahui niche blog yang kita tulis memiliki popularitas dan tingkat pencarian yang tinggi, anda dapat memanfaatkan Google Keyword Planner sebagai salah satu tools gratis yang berguna untuk mengetahui seberapa banyak pencarian niche blog yang kita pilih memiliki tingkat pencarian yang banyak.

Menentukan Niche Blog Lebih Spesifik
Menurut sumber yang saya baca dari beberapa blogger tanah air hingga mancanegara, dalam setiap memilih niche blog, sangat disarankan untuk membuat niche blog yang lebih spesifik.

Sebagai contoh, jika anda ingin membahas tentang tutorial blogging, pastikan hasil pencarian tersebut lebih banyak daripada yang lain.

Pemilihan topik blog yang tepat dan banyak dicari oleh orang akan membuat blog anda semakin ramai pengunjung dan berdampak pada penghasilan anda selanjutnya.

Sebenarnya semua niche blog yang ada memiliki target sendiri-sendiri dengan kata lain pasti mendatangkan traffik hanya saja anda perlu mengexplore lagi lebih jauh sehingga dapat mendatangkan traffik yang tinggi. Selain itu juga apabila anda memilih topik blog yang sedikit berbeda dari blogger lain harus bersabar.

Demikian Cara Menentukan Niche Blog yang tepat untuk blog anda, semoga dengan adanya artikel ini anda akan semakin terpacu untuk membuat blog yang tepat dan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Salam Sukses.

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments