12/12/2017

Cara Membuat dan Memasang Iklan Adsense Di Blog

Cara Membuat dan Memasang Iklan Adsense - Pertanyaan yang sering terlontar dari pemilik blog yang baru saja diterima oleh Google Adsense adalah bagaimana cara membuat dan memasang iklan adsense di blog? Tentunya anda harus sepenuhnya diterima atau full-approve oleh Google Adsense.

Untuk dapat memasang iklan di blog, Google telah menyediakan dua cara, yaitu dapat langsung melalui dashboard blogger dan dashboard Google Adsense (paling sering digunakan). Tapi tentunya untuk dapat melakukannya blog telah terdaftar dan terhubung dengan adsense.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial membuat iklan adsense melalui dashboard Google Adsense dan perlu anda ketahui bahwa iklan adsense memiliki beberapa jenis yang dapat ditayangkan disetiap blog.

Cara Membuat dan Memasang Iklan Adsense Di Blog

Pertama-tama sebelum anda membuat dan memasang iklan adsense di blog, pahami dahulu beberapa jenis iklan adsense berikut ini.

Jenis-Jenis Iklan Adsense
  1. Iklan jenis text & display (gambar): Iklan jenis ini dapat anda pilih jika ingin menempatkan secara bebas seperti di sidebar, header, footer, didalam postingan dan lain sebagainya.
  2. Iklan di antara postingan (in feeds ads): Iklan jenis ini bisa anda pasang atau tempatkan diantara daftar artikel atau postingan blog. Yang pelu anda perhatikan sebelum memasang iklan jenis ini adalah tidak mendukung semua jenis template, jadi anda perlu mencobanya terlebih dahulu apakah template blog anda cocok untuk dipasangi iklan jenis in feeds ads.
  3. Iklan in-article ads (di dalam artikel blog): Iklan jenis ini dapat anda gunakan dan di pasang antara paragraf di artikel. Contohnya saja seperti iklan yang ada dalam artikel ini, iklan tersebut termasuk dalam iklan di dalam artikel atau disebut juga in-article ads.
  4. Iklan Matched content: Iklan jenis ini dapat anda dapatkan, jika visitor anda stabil diantara 300-an perhari (Menurut pengalaman saya di blog yang lain), dan iklan ini mirip seperti related post.
Ingat sebelum menempatkan iklan di dalam template blog sebaiknya lakukan Parse HTML terlebih dahulu.

Cara Membuat Iklan Adsense

Membuat iklan adsense baru sebenarnya sangat mudah, anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

1. Login ke akun Google Adsense.

2. Kemudian pilih menu "My ads" yang tepat berada sebelah kanan dashboard adsense anda. Setelah itu pilih "Ad Units", Lalu lalu lanjutkan dengan memilih "New ad unit". Perhatikan gambar dibawah ini.


3. Jika sudah, maka akan muncul 4 jenis iklan seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kemudian silahkan pilih jenis iklan yang akan anda buat. (sebagai contoh jenis iklan text & display).


4. Isi kan nama untuk iklan pada "Ad unit name", seperti yang terlihat seperti dibawah ini. Jangan lupa klik "Save and get code" untuk mendapatkan kode iklan adsense.


5. Salin semua kode yang muncul seperti dibawah ini, kemudian pasang pada blog anda.


Setelah anda mendapatkan kode iklan adsense, selanjutnya adalah memasang unit iklan tersebut di blog. Nah, caranya dapat anda baca dibawah ini.

Cara Memasang Iklan Adsense di blog

Kode iklan yang telah anda dapatkan sebelumnya, selanjutnya dapat anda pasang di blog.

1. Buka dashboard blogger kemudian, lanjutkan dengan memilih menu "Layout / Tata Letak". Kemudian klik "Add Gadget / Tambahkan Gadget".


2. Lalu pilih "HTML/javascript".


3. Tempelkan iklan adsense pada tempat yang telah disediakan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Terakhir "Save / Simpan".


4. Jangan lupa "Save Settings / Simpan Setelan" pada pojok kanan atas pada bagian Layout.

Dan perlu anda perhatikan bahwa setelah memasang iklan adsense di blog tidak serta merta akan langsung menampilkan iklan sebab membutuhkan beberapa waktu.

Demikian cara membuat dan memasang iklan adsense di blog, semoga tutorial ini berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Salam blogger.
Disqus Comments