3/17/2017

Fitur Anotasi Youtube Akan Dihilangkan Mulai 2 Mei

Fitur Anotasi Youtube akan Dihilangkan, Salam hangat dari Portal Blogspot, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang seputar update terbaru dari google. Dalam artikel sebelumnya saya pernah share tentang berita terbaru yaitu tentang update algoritma Google terbaru yang dikenal dengan nama Fred. Kini google kembali melakukan perubahan pada produk yang lain yakni Youtube.

Dalam pemberitahuan yang ada dalam salah satu channel milik saya bahwa per tangga 2 Mei yang akan datang pihak google selaku pemegang produk Youtube akan menghentikan fitur anotasi. Lalu apa fitur anotasi?

Apa Itu Fitur Anotasi?

Fitur anotasi sebenarnya mirip dengan close caption (subtitle) di YouTube, dimana kita dapat menambahkan teks kedalam video. Hanya saja anotasi memiliki kebebasan yang lebih luas dibanding close caption, dimana kita dapat menambahkan teks, link, dan hotspot (layer tambahan seperti banner yang digunakan untuk tujuan tertentu). Penempatannya juga lebih bebas, kita dapat memasang anotasi di posisi apapun yang kita mau didalam video.

Fungsi Anotasi

Selain dapat meningkatkan interaksi terhapap penonton, berikut ini adalah sejumlah hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan anotasi:

  • Mengkoreksi link error pada video dengan teks,
  • Menyarankan penonton untuk menonton video lain miliknya
  • Mengumumkan suatu hal
  • Membuat anotasi link subscribe
  • Menambahkan link situs web yang telah dikaitkan
  • Menambahkan tautan link ke proyek penggalangan dana atau fundraising
  • Memperlihatkan laman/profil Google+

Lalu apa alasan pihak youtube menghilangkan fitur anotasi tersebut dan apa alasannya, berikut pernyataannya,
Apa yang berubah? Mulai tanggal 2 Mei, YouTube akan menonaktifkan fitur untuk menambahkan atau mengedit anotasi. Pelajari lebih lanjut
Apa yang tidak berubah? Anotasi lama akan terus ditampilkan di komputer desktop.
Mengapa ada perubahan ini? Anotasi sudah usang. Fitur ini juga tidak berfungsi di perangkat seluler, yang merepresentasikan 60% waktu tonton YouTube. Selain itu, penggunaan anotasi telah menurun hingga 70% karena pembuat konten telah beralih ke kartu dan layar akhir yang baru.

Setelah fitur anotasi yang banyak memiliki kelebihan tersebut dihilangkan apakah pihak google selaku pemilik youtube akan memberikan fitur lain yang lebih dibanding dengan anotasi? jawabanya adalah IYA.
Kenapa, sebab fitur tersebut telah diperkenalkan sebelumnya yang bernama Fitur Layar Akhir (End Screen), seperti dalam keterangan pihak youtube bahwa fitur ini memberikan dampak lebih besar ketimbang dengan fitur anotasi, berikut penjelasannya,
Alternatif yang sesuai untuk perangkat seluler: Gunakan kartu untuk menautkan video terkait, channel, situs, dan jajak pendapat. Gunakan layar akhir untuk mempromosikan sesuatu kepada penonton saat mereka siap mengklik – di bagian akhir video Anda. Bila digunakan secara bersamaan, layar akhir dan kartu dapat memberikan manfaat minimal 5 kali lebih baik untuk mempertahankan penonton di channel Anda.
Demikianlah update terbaru dari Youtube tentang penghentian fitur anotasi, semoga informasi ini berguna dan bermanfaat.
Disqus Comments