1/17/2017

Penyebab Aktivitas Klik Tidak Valid Google Adsense dan Cara Mengatasi

Banyak beberapa kasus yang menjadi Penyebab Aktivitas Klik Tidak Valid Google Adsense dan sering dialamu para publisher. Hal ini biasanya disertakan email pemberitahuan dari pihak adsense yang menyatakan hal tersebut dan menyebabkan akun adsense dinonaktifkan alias banned.

Jika kita memahami secara keseluruhan dalam pikiran kita pas bertanya-tanya kenapa adanya aktivitas klik tidak valid? padahal kita tidak melakukan klik iklan sendiri dan menyuruh orang lain untuk melakukan klik. Memang secara umum dalam pedoman google adsense klik tidak valid termasuk dalam pelanggaran berat.

Klik tidak valid dapat dimaknai sebagai klik yang tidak legal dan tidak sah pada iklan yang terpasang pada halaman blog, dan secara langsung tidak diakui oleh pihak google adsense. Untuk mengetahui maksud dari istilah klik tidak valid dapat anda pelajari melalui Bantuan Adsense.

Alasannya memang cukup sederhana dan masuk akal kenapa klik iklan tidak valid dijadikan google sebagai dasar untuk menghentikan kerjasama terhadap publisher yang dianggap "nakal". Untuk mengetahuinya anda dapat pahami hal-hal berikut ini.

Ciri-Ciri Klik Iklan Tidak Valid di Google Adsense


Berikut ini ada beberapa ciri-ciri mengapa akun Google Adsense yang Anda miliki bisa terkena teguran bahkan dibanned oleh pihak Google Adsense, diantaranya:

1. Memiliki rata-rata klik, tampilan CTR (Click Through Rate), rata-rata jumlah klik dan jumlah tayangan PV (pageviews) di atas 10%. 
Jika mengalami peningkatan nilai CTR yang signifikan atau sama dengan di atas 10%, itu merupakan hal yang tidak wajar. Maka berhati-hati biar tidak terkena disable akun alias banned. Untuk mengetahuinya, berikut estimasi penghitungannya: CTR/RKT = Jumlah Klik / Jumlah Tayangan x 100 = ......%

2. Mendapatkan banyak klik secara tiba-tiba dan bernilai $0.0
Walaupun banyak mendapatkan klik namun kenyataannya pihak Google Adsense tidak mengakui dan bahkan tidak memberikan komisi atas klik tersebut, bisa menjadi indikasi blog atau channel youtube Anda terkena bom click.

3. Pendapatan tiba-tiba naik drastis, tetapi tidak lama kemudian turun drastis
Sebagai contoh, Anda mendapatkan komisi atas klik iklan Adsense dengan komisi $1, beberapa saat tiba-tiba turun menjadi $0.1, maka hal tersebut terdapat indikasi yang tidak wajar. Hal tersebut dapat dinilai sebagai keberadaan klik iklan adsense secara sengaja oleh pengelola akun Adsense tersebut yang bisa berakibat fatal pada akun adsense yaitu terkena banned.

4. Banyak mendapatkan klik dari suatu negara namun PV (pageviews) yang sangat kecil
Pada point ini Anda harus menggunakan tools blogger khusus yang bisa memberikan data terhadap akun Adsense yang dimiliki yaitu dengan menghubungkan dengan Google Analytics. Banyak pakar blogger yang mengatakan bahwa, prosentase dari 1000 PV yang unik kemungkinan terjadi klik sah adalah 10 hingga 20 klik iklan atau 10% dari total pageviews yang ada.

Jika klik iklan yang terjadi sangat jauh melampaui nilai tersebut, maka ada indikasi kecurangan terhadap klik tersebut dan bisa memunculkan penilaian negatif dari pihak Google Adsense.

Pemaparan diatas dapat Anda pahami sebagai dasar agar tidak terkena disable akun atau banned yang disebabkan oleh klik iklan tidak valid. Lalu apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengenali penyebab blog atau channel youtube yang terkena aktivitas tersebut.

Penyebab Aktivitas Klik Iklan Tidak Valid di Google Adsense


Setelah mengenali ciri-ciri blog dan channel youtube yang terkena invalid click activity diatas maka dapat saya sampaikan bahwa penyebab utama terjadinya klik tidak valid adalah sebagai berikut:

  1. Terkena klik berkali-kali dalam waktu yang singkat (Boom Click)
  2. Melakukan klik sendiri terhadap iklan milik anda entah itu di blog atay channel youtube.
  3. Iklan adsense dipasang pada blog yang memiliki kualitas buruk, terdapat konten yang melanggar kebijakan Google.
  4. Tanpa sepengetahuan anda kode iklan adsense terpasang pada blog yang tidak anda kenal dan anda terlanjur memverifikasi blog tersebut di akun adsense.
  5. Menggunakan software untuk mendapatkan traffic yang banyak, sebagai contoh menggunakan pertukaran traffic.

Dalam tahap ini biasanya pihak Google akan memberikan teguran pada kita sebagai publisher, apabila masih saja membandel dan belum bisa memperbaiki kesalahn yang pernah dilakukan, tindakan selanjutnya yang dilakukan adalah menutup total akun tersebut alias banned. Lalu bagaimana cara mengatasi agar tidak terjadi klik tidak valid.

Baca: 8 Penyebab Iklan Adsense Tidak Muncul (Blank)

Cara Mengatasi Klik Iklan Tidak Valid di Google Adsense


Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin dapat anda lakukan apabila mengalami seperti ciri-ciri yang sudah saya jelaskan diatas dan beberapa penyebabnya.

  1. Jika anda mengetahui bahwa terkena boom klik segera lakukan perbaikan dengan mencopot sementara iklan adsense yang telah terpasang pada blog atau channel youtube.
  2. Melakukan cek sekali lagi terhadap semua konten artikel yang pernah anda tulis sebelumnya,
  3. Kenali situs atau blog milik anda sendiri sebelum melakukan verifikasi atau otorisasi, apabila menemui keganjilan (situs tidak dikenal) abaikan saja,
  4. Pasang addon AdsBlocker pada setiap web browser milik anda untuk mengantispasi terjadinya klik iklan sendiri.


Demikianlah informasi tentang penyebab aktivitas klik tidak valid google adsense dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan blogger semua.
Disqus Comments