12/01/2016

Google Hapus Content Keyword Webmaster Tools

Google belum lama ini melalui laman resminya webmaster telah mengumumkan penghapusan terhadap fitur Content Keyword atau Fetch as Google. Selama ini fitur tersebut banyak digunakan para pemilik blog untuk membantu jika ada konten yang telah ada belum sepenuhnya dirayapi oleh Googlebot.

Sejak lama Google telah memperkenalkan fitur Fetch as Google. Fitur ini berguna sekali para pemilik situs untuk mengirimkan pemberitahuan kepada googlebot agar dapat merayapi situs. Alat ini memberikan informasi yang jauh lebih besar untuk pemilik situs daripada apa yang dapat dipelajari dari kata kunci saja.

Dengan dihapusnya fitur tersebut, apakah mempengaruhi tingkat perayapan Googlebot terhadap situs? kemungkinan TIDAK karena fitur tersebut sejak awal dimunculkan oleh google untuk membantu para pemilik website memberitahukan kepada googlebot agar merayapi situs miliknya.

Bagi anda yang yang belum tahu kenapa fitur Content Keyword dihilangkan dari Webmaster Tools? Google melalui laman resminya di webmaster tentang Saying goodbye to Content Keywords, dan berikut penggalan isi penjelasanya yang menyatakan:
"The words on your pages, the keywords if you will, are still important for Google's (and your users') understanding of your pages. While our systems have gotten better, they can't read your mind: be clear about what your site is about, and what you'd like to be found for. Tell visitors what makes your site, your products and services, special!"

Dan bila diartikan kedalam bahasa Indonesia,
"Kata-kata pada halaman dan kata kunci yang Anda miliki, masih penting untuk Google dan pengguna dalam memahami setiap halaman milik Anda. Sementara sistem kami yang kini menjadi lebih baik dan mereka tidak bisa membaca pikiran Anda. Menjadi jelas tentang apa situs Anda dan apa yang ingin ditemukan untuk memberitahu pengunjung tentang situs, produk dan jasa, Anda istimewa!".

Google memang dapat dikatakan selama beberapa bulan kebelakang terus melakukan perubahan yang sangat signifikan, mulai dengan menghilangkan Hangouts, merubah tampilan Dasboard Blogger menjadi lebih menarik dan terakhir tentang Google Mobile First Index.

Demikian informasi tentang Content Keyword yang telah dihilangkan oleh Google dari Webmaster Tools. Semoga berguna dan bermanfaat, dan apakah ini berpengaruh terhadap SEO? kita tunggu saja perkembangannya.
Disqus Comments