12/06/2016

Cara Upgrade Akun Adsense ke Non Hosted

Cara Upgrade Akun Adsense ke Non Hosted - Google Adsense adalah program periklanan yang berbasis PPC (Pay Per Click) dikelola oleh Google, program yang saat ini banyak diminati oleh para pemilik blog untuk menghasilkan uang dari internet, hanya dengan menampilkan iklan bertarget dihalaman konten situs mereka.

Bagi mereka yang telah tergabung dengan program google ini disebut dengan Publisher Adsense. Dalam google adsense ada 2 macam jenis akun yang harus diketahui yaitu Hosted dan Non Hosted. Lalu apa perbedaan kedua akun tersebut?

Perbedaan Akun Adsense Hosted dan Non Hosted

Akun Adsense Hosted
Akun adsense hosted adalah akun adsense yang terkait dengan situs web mitra host adsense atau disebut pihak ketiga. Jadi akun hosted ini diperoleh publisher yang telah melakukan pendaftaran google adsense melalui youtube dan blogger. Akun adsense hosted hanya bisa digunakan untuk menampilkan iklan di mitra host atau pihak ketiga saja, yaitu youtube dan blogspot namun tidak bisa keduanya.

Dalam artian keduanya adalah apabila anda sebelumnya mendaftarkan melalui youtube maka iklan tidak akan tampil di blog, begitupun sebaliknya.

Akun Adsense Non Hosted
Akun adsense non hosted adalah akun adsense yang tidak terkait dengan situs mitra host adsense atau tanpa pihak ketiga. Akun non hosted ini dapat langsung digunakan untuk menampilkan iklan adsense di situs apapun milik publisher dan dapat digunakan untuk monetisasi video di youtube.

Cara mendapatkan akun adsense non hosted adalah dengan mendaftar adsense menggunakan situs yang dihosting sendiri atau hosting blogger namun menggunakan domain TLD atau custom domain. Artinya publisher harus menghilangkan domain blogspot dan menggantinya menjadi dot com, dot net, dot xyz dan lain-lain.

Begitulah kurang lebih perbedaan akun adsense hosted dan non hosted. Pertimbangkan kedua hal tersebut apabila anda ingin Meningkatkan Pendapatan dari Google Adsense.

Jika anda memilih ingin memiliki akun adsense non hosted namun sebelumnya telah mendapatkan akun hosted, jangan menyesal karena dapat ditingkatkan (upgrade) menjadi non hosted. Lalu bagaimana cara upgrade akun adsense hosted ke non hosted? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Upgrade Akun Adsense ke Non Hosted


#Langkah Pertama
Buka akun Google Adsense yang telah sepenuhnya disetujui (full approve), dan pastikan bahwa blog milik anda telah menggunakan domain TLD (top level domain) atau costum domain apabila sebelumnya menggunakan blogger.

#Langkah Kedua
Pada bagian menu klik "My ads" kemudian pilih "Other products", isikan alamat URL pada bagian "Saya akan menampilkan iklan di ?" setelah itu tekan "Kirim".

Atau dengan menekan link "Action" pada peringatan yang berwarna merah seperti gamabr dibawah ini lalu lanjutkan dengan mengisi alamat URL di bagian "Saya akan menampilkan iklan di ?" lalu tekan "Kirim".

#Langkah Ketiga
Andaikan alamat blog berhasil di submit anda akan melihat pemberitahuan yang menyatakan bahwa anda berhasil pada tahap pertama untuk melakukan upgrade akun adsense hosted ke non hosted. Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah dengan memasang iklan disitus tersebut. Dengan copy kode iklan yang telah disediakan seperti gambar dibawah ini kemudian berikan tanda centang pada "I've pasted the code into my site or emailed it to someone who will." agar tombol "Done" menjadi aktif lalu klik tombol tersebut

Setelah itu pihak Google Adsense akan melakukan review terhadap blog atau situs milik anda. Lamanya review ini kurang lebih 3 hari bahkan lebih.


Walaupun dinyatakan telah berhasil melewati tahap tersebut namun tidak serta merta akun anda telah disetujui menjadi akun Non-Hosted. Sebab Google Adsense akan memeriksa secara menual apakah situs anda telah memenuhi kebijakan dan persyaratan yang telah ditentukan. Lalu bagaimana cara agar mudah diterima saat upgrade akun adsense hosted?

Cara Upgrade Akun Adsense ke Non Hosted Full Approve


Yang perlu saya tekankan disini bahwa ketiga langkah diatas belum sepenuhnya membuat akun hosted milik anda telah berubah menjadi non-hosted. Agar biar diterima menjadi publisher adsense non hosted, simak beberapa tips dari saya berikut ini.

  1. Pahami dan baca TOS Google Adsense,
  2. Daftarkan kembali ke Google Webmaster Tools,
  3. Pastikan domain milik anda telah ter-index oleh mesin pencari dalam hal ini Google, blog domain TLD milik anda telah berumur 1 - 2 minggu sebelum mendaftar dan  telah memiliki visitor yang cukup banyak (pengalaman pribadi saya diterima akun adsense non hosted full approve memiliki pengunjung rata-rata perhari 500 visitor),
  4. Gunakan navigasi yang memudahkan visitor dalam menjelajahi setiap konten halaman blog atau situs,
  5. Gunakan theme yang mobile friendly atau responsif,
  6. Cek kecepatan blog apakah sudah sesuai dengan yang dianjurkan oleh google,
  7. Hilangkan iklan lain yang menempel pada blog.


Demikian tentang Cara Upgrade Akun Adsense ke Non Hosted, semoga berguna dan bermanfaat. Karena dengan memiliki akun adsense non hosted dapat meningkatkan pendapatan dari google adsense.
Disqus Comments