7/11/2018

Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner

Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner - Bagi seorang blogger melakukan riset kata kunci sebelum membuat artikel adalah sebuah keharusan. Dengan melakukan riset terlebih dahulu kita dapat mengoptimalkan potensi traffik dari search engine google. Riset kata kunci salah satu bagian dari Optimasi SEO, untuk menemukan kata kunci yang potensial, maka dapat menggunakan tools gratis yaitu Google Keyword Planner.

Ketika anda ingin membangun sebuah blog atau website untuk berbisnis dan untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense harus mempertimbangkan kata kunci yang ada, sebab dengan membidik kata kunci yang sesuai dapat meningkatkan traffik blog yang berlimpah. Sumber traffik yang utama dan paling diinginkan para pemilik situs adalah dari mesin pencari Google. Ditambah lagi dapat menempati urutan pertama pada halaman search engine tentu dapat memberikan traffik yang sangat tinggi.

Untuk mendapatkan traffik yang tinggi harus dibarengi dengan Optimasi Title, Description dan Heading Tag, nah bagian optimasi tersebut dapat dilakukan dengan riset kata kunci di Google yang pada akhirnya akan dimasukkan dalam judul dan deskripsi. Nah, melakukan riset kata kunci dapat menggunakan tools milik google yaitu Keywords Planner.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu anda lakukan pada saat melakukan riset keywords dengan Google Keyword Planner.

Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner


1. Mendaftar di Google Adwords
Google Adwords adalah fasilitas yang diberikan oleh Google secara gratis untuk digunakan para pemasang iklan (advertiser) untuk melakukan riset. Dengan melakukan pendaftaran dahulu melalui alamat https://adwords.google.com/ melalui fasilitas tersbut baru anda dapat menggunakan fitur yang ada yaitu Keyword Planner.

2. Cara Riset Keyword Menggunakan Google Keyword Planner
Setelah berhasil mendaftar di Google Adwords selanjutnya ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melakukan riser kata kunci.

2.1 Silahkan klik menu "Tools" kemudian anda akan disajikan beberapa submenu lalu pilih "Keyword Planner"


2.2 Kemudian anda akan dibawa kehalam berikutnya, dan disitu anda akan disuguhkan beberapa pilihan untuk melakukan riset. Silahkan anda pilih "Search for new keywords using a phrase, website or category".


2.3 Lalu masukkan kata kunci yang akan anda bidik pada "Your Product or Service" sebagai contoh Cara Riset Kata Kunci, Selanjutnya pada bagian "Targeting" ganti negara, bahasa yang menjadi target kata kunci yang anda cari lalu klik "Get Ideas".


2.4 Tunggu sebentar hingga  proses selesai, selanjutnya anda akan disuguhkan deretan kata kunci yang sangat banyak. Disana anda akan melihat berapa kolom "Avg. monthly searches" yang memperlihatkan pencarian rata-rata tiap bulan untuk kata kunci tersebut. Kolom "Competition" persaingan kata kunci, biasanya terbagi menjadi tiga Low, Medium dan High dan "Suggested bid" adalah perkiraan nilai CPC (Cost Per Klik) kalo dalam bahasa Indonesia dikenal dengan BPK. Selanjutnya apa bila anda ingin mendownloadnya tinggal klik tombol "Download".


Yang perlu anda pahami adalah hasil pencarian tersebut merupakan volume statistik kata kunci yang diketikkan oleh pengguna google setiap melakukan pencarian. Apabila anda ingin menulis artikel dan sebelumnya telah melakukan riset tetapi hasilnya tidak sesuai, anda dapat mensiasatinya dengan menggabungkan hasil riset kata kunci yang telah dihasilkan.

Demikian Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner yang sering saya manfaatkan untuk menemukan keywords terbaik sebelum menulis artikel disetiap blog milik saya. Sebagai catatan bahwa setelah melakukan riset kata kunci di google, belum tentu menjadi jaminan bahwa artikel blog anda akan berada pada halaman pertama SERP Google. Namun yang perlu menjadi pertimbangan adalah dengan melakukan riset kata kunci menjadi langkah terbaik untuk bersaing di mesin pencari.
Disqus Comments