11/30/2016

Apa Itu Google Mobile First Index ?

Google pada 13 Oktober yang lalu melakukan perubahan baru yang dikenal dengan Google Mobile First Index. Mereka telah sekarang resmi mengumumkan perubahan tersebut. Saat ini, Google indeks versi desktop halaman web, tetapi menyajikan versi mobile untuk mereka yang mencari pada perangkat mobile. Di masa yang akan datang, Google akan membalikkan proses tersebut dalam indeks versi mobile pertama mereka. Hal ini memiliki dampak yang sangat signifikan bagi mereka yang telah melakukan penyederhanaan versi mobile pada halaman situs yang dimiliki.

Melalui juru bicaranya, Google telah mengisyaratkan beberapa kali selama tahun lalu bahwa indeks bergerak terpisah, tetapi bahwa mereka mengalami beberapa masalah dalam penerapannya, terutama karena hilangnya data yang sering terjadi antara situs web seluler dan situs web desktop karena versi mobile sedikit lebih ramping. Akan terlihat bahwa mereka telah mengatasi masalah ini dengan indeks seluler terpisah dengan mengubah ke pendekatan pengindeksan mobile-first daripada memiliki dua indeks terpisah.

Selama seminggu terakhir, banyak yang membahas tentang  Google Mobile First Index dan pengaruhnya terhadap SEO. Melalui juru bicara Google di Twitter, mengungkapkan beberapa wawasan yang berguna untuk update baru. Ini, ditambah dengan posting pengumuman resmi mereka memberikan informasi yang cukup untuk sepenuhnya mempersiapkan diri untuk update ini.

Google Mobile First Index

Menurut informasi yang telah di publish, banyak orang yang menggunakan Google pada perangkat mobile, dari pada desktop. Sayangnya, Google menggunakan versi desktop website untuk mengevaluasi relevansinya dengan pengguna, dan ultimate memutuskan posisi peringkatnya.
Menurut Google dalam keterangannya menyatakan bahwa:
"This can cause issues when the mobile page has less content than the desktop page because our algorithms are not evaluating the actual page that is seen by a mobile searcher."
Bila diartikan kedalam bahasa indonesia kurang lebih artinya seperti ini
"Hal ini dapat menyebabkan masalah ketika halaman mobile memiliki kurang konten dari laman desktop karena algoritma kami tidak mengevaluasi halaman yang sebenarnya yang dilihat oleh pencari mobile."
Untuk mengatasi permasalahan ini, Google telah mulai percobaan untuk membuat indeks mobile-first. Indeks pencarian mereka akan terus menjadi hanya satu indeks situs web dan aplikasi, tetapi algoritma mereka akan sekali diluncurkan sepenuhnya terutama versi mobile dari konten website untuk peringkat halaman, menilai data terstruktur (ingat, ketika menggunakan data terstruktur yang dibutuhkan akan terlihat pada halaman web), dan untuk menunjukkan potongan dalam hasil pencarian.

Google mengatakan dalam posting blog bahwa untuk sementara ini telah melakukan percobaan skala kecil dan akan terus berlangsung selama beberapa bulan kedepan.

Panduan Google Mobile First Index

Dalam rangka membantu webmaster mempersiapkan perubahan yang akan datang (yang saat ini telah digulirkan dalam beberapa pilih lokasi), Google telah memberikan beberapa panduan yang harus untuk diikuti:

1. Jika situs anda telah Mobile dan Responsif.
Jika website responsif saat Anda, atau situs web dinamis Anda saat ini memiliki konten yang identik dan markup untuk kedua ponsel dan versi desktop Anda, Anda tidak perlu mengubah apa pun.

2. Jika situs anda belum Mobile dan Responsif.
Jika Anda memiliki situs web di mana konten utama dan markup berbeda di mobile dan desktop, maka Anda akan perlu untuk membuat perubahan ke situs web Anda:

2.1 Terstruktur markup
Google menyarankan harus menerapkan markup terstruktur pada kedua situs versi desktop dan versi mobile. Anda harus menguji kedua versi dari situs Anda melalui Alat Pengujian Data Terstruktur dan membandingkan output.

Ketika menambahkan data terstruktur ke situs web mobile, hindari menambahkan jumlah besar markup yang tidak relevan dengan isi informasi spesifik dari masing-masing alat dokumen untuk memverifikasi bahwa versi mobile Anda dapat diakses oleh Googlebot.

2.2  Link Canonical
Google juga menegaskan bahwa website tidak harus membuat perubahan ke link kanonik, karena akan terus menggunakan link ini sebagai panduan untuk melayani hasil yang sesuai untuk pengguna mencari di desktop atau mobile.

Saat ini, Google menyarankan bahwa Anda mengatur rel = "canonical" untuk versi desktop halaman, dan mengatur versi mobile sebagai rel = "alternate".

2.3  Verifikasi Situs Web/Blog yang Anda miliki
Bagi Anda yang memiliki versi mobile yang terpisah di website Anda, dan situs web yang setup pada subdomain itu sendiri seperti m.yourdomain.com maka Anda akan perlu memastikan bahwa subdomain yang diverifikasi di Google Search Console. Pihak Google pun menyarankan demikian "Jika Anda adalah pemilik website yang hanya diverifikasi situs desktop mereka di Search Console, silahkan menambahkan dan memverifikasi versi mobile Anda."

2.4  Tidak ada situs Mobile atau responsif
Jika Anda adalah salah satu dari beberapa situs yang saat ini tidak memiliki versi mobile dari situs Anda, dan belum menerapkan responsif styling maka jangan khawatir. Google masih akan mengindeks situs web Anda, tetapi mereka akan melihat menggunakan crawler mobile mereka.

Jika Anda hanya memiliki situs web desktop, kami akan terus mengindeks situs web desktop Anda baik-baik saja, bahkan jika kita menggunakan agen pengguna ponsel untuk melihat situs web Anda.
Jelas, dengan meningkatkan ranking-Mobile ramah, dan untuk kepuasan pengguna kami akan merekomendasikan menerapkan versi mobile dari situs Anda tanpa penundaan.

2.5  Jangan meluncurkan situs web mobile apabila belum sepenuhnya siap.
Google tersedia peringatan terhadap bergegas untuk menggelar versi mobile dari situs Anda sebelum sepenuhnya selesai, jika website Anda akan didasarkan pada versi rusak.

Sebuah situs web berorientasi desktop fungsional bisa lebih baik daripada versi mobile yang rusak atau tidak lengkap dari situs web. Jangan meluncurkan situs web mobile Anda sebelum sepenuhnya siap.

2.6  Backlinks
Sementara tidak tercakup dalam posting pengumuman Google, telah ada beberapa diskusi online, apakah itu akan mempengaruhi mana backlink yang harus menjadi rujukan (ini berlaku untuk memisahkan situs mobile, bukan website responsif). Misalnya, apakah Anda sekarang link ke versi mobile dari situs Anda?

2.7  Konten tersembunyi di ponsel
Banyak versi situs web mobile akan menyembunyikan berbagai bagian halaman untuk membuatnya lebih user friendly. Karena Anda hanya dapat peringkat berdasarkan konten pada versi mobile Anda, sekarang membutuhkan pendekatan yang sama sekali berbeda.

2.8  Google Ranking Factor Meningkatkan
Google telah berbicara panjang lebar tentang bagaimana website dengan versi mobile dari situs web mereka untuk mendapatkan peningkatan peringkat kecil di SERPs mobile

Meskipun demikian, yang jelas adalah bahwa jika versi mobile Anda kurang dioptimalkan untuk Google dari versi desktop, itu akan, pada dasarnya efek negatif pada peringkat Anda. Oleh karena itu, orang dapat berargumentasi bahwa pentingnya versi mobile kini telah meningkat.

2.9  Indeks terpisah untuk Mobile dan Desktop
Di awal artikel ini bahwa Google tidak mengesampingkan memiliki indeks terpisah untuk mobile dan desktop. Namun, sementara ini mungkin ada beberapa percobaan untuk yang dapat mnimbulkan efek, dalam arti bahwa indeks tidak akan terpisah.

2.10  Page Speed
Sementara Page Speed ?telah menjadi faktor peringkat dan penentu untuk beberapa waktu, sebab website yang sangat lambat akan mempengaruhi terhadap penilaian yang dilakukan oleh Google.

Kembali pada bulan Juni 2016, isu kecepatan halaman web menjadi faktor peringkat dalam versi mobile. Sementara ia menegaskan bahwa saat ini rencana untuk menerapkan seperti faktor peringkat, ia menolak untuk berkomentar lebih lanjut.

2.11  H1 & Tag Judul
Jika Anda memiliki situs web seluler yang terpisah, Anda mungkin telah dioptimalkan Pos dan Judul tag lebih bagi pengguna, daripada untuk mesin pencari. Misalnya, judul mungkin lebih pendek maka Anda akan perlu untuk meninjau kembali halaman Anda dan membuat mereka lebih ramah pencarian.

Demikain tentang perubahan terbaru yang dilakukan oleh Google yaitu tentang Mobile First Index. Bagi anda yang masih dalam belajar SEO dan ingin mengetahui Apa Itu SEO bagi Blog, jangan pernah mengabaikan informasi yang tentang perubahan yang dilakukan oleh google. (source: thewebmaster)
Disqus Comments