2/09/2017

Format dan Ukuran Gambar Artikel Blog Yang Tepat

Tags



Mengenai format dan ukuran gambar posting blog terkadang menjadi urusan belakangan bagi sebagian kalangan blogger. Sehingga gambar akan tampak kurang rapi dan jika mempunyai ukuran yang besar akan memperlambat loading blog itu sendiri.

Perhatikan, jika akan mengambil gambar di internet dan akan di pasang untuk blog, pastikan bahwa gambar tersebut bebas hak cipta agar tidak ada pihak yang meng-claim kepemilikan gambar tersebut. Lebih baik lagi jika kita menggunakan gambar milik sendiri.

Format dan Ukuran Gambar Artikel Blog Terbaik


Dalam setiap membuat sebuah artikel, pastinya anda tidak akan jauh dari urusan foto atau gambar. Sebab gambar juga sangat menunjang blog agar bisa tampil lebih cantik. Bagaimanakah ukuran gambar artikel blog yang tepat ? Apakah harus mempunyai ukuran tertentu? Apakah panjang dan lebar harus mengikuti aturan? Baiklah, mari kita ulas sedikit mengenai format dan ukuran gambar terbaik untuk artikel blog.

Format Gambar Terbaik Artikel Blog


Sebenarnya ada berbagai jenis format gambar yang tersedia seperti JPEG (JPG), PNG, BMP dan GIF. Bahkan sebagian besar, kita menggunakan format file PNG untuk artikel blog.

  • Format JPEG – Format Gambar JPEG paling baik digunakan untuk jenis blog niche fotografi digital dan ini format yang paling banyak dan sering digunakan, karena memasang gambar dalam bentuk foto, akan tetapi tak jarang juga digunakan untuk blog dan portal selain fotografi. Sebagai contoh blog yang banyak menggunakan format JPEG adalah blog niche wisata, travel, blog resep dan sebagainya.
  • Format PNG – Jenis format gambar PNG paling banyak di gunakan pada blog secara umum, karena jenis format gambar PNG mampu di edit dan di kompres sampai ukuran paling rendah (sekitar 70 %) Tanpa mengurangi kualitas dari gambar asli. Format PNG biasanya di gunakan untuk blog yang mengutamakan performa dan kecepatan loading, seperti blog tutorial.
  • Format BMP - Jenis format gambar BMP secara umum banyak diinternet. Hanya saja jarang digunakan sebagai gambar artikel blog, itu disebabkan file BMP yang terkompresi maupun tidak terkompresi, memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada tipe-tipe yang lain.
  • Format GIF – Jenis format ini biasanya mendukung ukuran gambar yang lebih kecil, seperti logo dan semacamnya.

Untuk penggunaannya dapat kita sesuaikan menurut kebutuhan di blog kita, jangan pernah memaksakan untuk menggunakan format gambar yang tidak tepat, karena hasilnya tidak akan sesuai harapan.

Ukuran Gambar Terbaik Artikel Blog


Untuk ukuran gambar artikel dapat kita sesuaikan dengan template blog masing-masing, adapun ukuran yang paling tepat adalah sebagai berikut.

  • Ukuran Gambar Template Blog 1 dapat menggunakan foto atau gambar dengan ukuran 700 x 360 pixel atau 600 x 400 pixel.
  • Ukuran Gambar Template Blog 2 dapat menggunakan foto atau gambar dengan ukuran 600 x 400 pixel atau 600 x 320 pixel.
  • Ukuran Gambar Template Blog 3 dapat menggunakan gambar atau foto dengan ukuran 300 x 250.

Bagaimana jika template gambar tidak sesuai dengan ukuran di atas? Kita bisa mengedit gambar tersebut menggunakan software gambar editor seperti photoshop atau Microsoft Office Picture Manager atau software editor gambar lainnya, buat size yang bisa disesuaikan dengan template milik anda.

Sebelum melakukan upload gambar di artikel blog, alangkah baiknya gambar di kompres terlebih dahulu. Agar tidak membuat loading blog menjadi lambat. Cara ini bisa kita atasi melalui tool kompresi gambar, ukuran kapasitas gambar yang ideal adalah 65 – 115 kb. Tapi jika memungkinkan untuk ukuran yang lebih kecil akan semakin bagus, asalkan gambar masih tampak jelas. Namun cek dahulu kecepatan blog anda melalui 4 Tools Gratis Untuk Cek Kecepatan Loading Blog.

Demikian penjelasan sederhana mengenai format dan ukuran gambar posting blog yang tepat, selain itu Anda bisa optimasi gambar agar SEO friendly dan mudah di lacak oleh mesin pencari. Foto atau gambar menghasilkan hampir 40%  dari hasil pencarian di search engine, hanya dengan memanfaatkan dan mengoptimasi gambar, dapat menambah trafik/pengunjung ke blog kita.

4 comments

benar sekali poin ini - Jangan lupa gambarnya di compres sebelum di publikasikan supaya postingan tidak berat .

betul om. makasih udah mampir om

Pantesan blog saya loadingnya lama, ternyata gambarnya hrus di compres dulu ya.

betul mas harus dikompress dulu, ada juga cara lainnya menghilangkan gambar Thumbnail biar makin enteng..

Portal Blogspot.
EmoticonEmoticon